Pengalaman

Berbagi Tips Dan Pengalaman: Lamar Kerja di Tokopedia

Bisnis startup hari ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk berkreasi dari permasalahan sehari-hari. Selain itu, bisnis startup juga membuka begitu banyak lapangan pekerjaan. Hal ini karena sebuah perusahaan tidak akan berdiri tanpa karyawan. Fakta menarik lainnya adalah perusahaan startup biasanya membutuhkan banyak rekrutan dari kalangan fresh graduate atau lulusan baru universitas lho. Hal ini juga menaikkan peluang bahwa sangat mungkin untuk lulus kuliah langsung kerja. Salah satu perusahaan startup besar yang merekrut banyak lulusan baru adalah Tokopedia.

Perusahaan Startup; Peluangmu Meniti Karir

Berkarir di perusahaan startup memberikan banyak kesempatan untuk mengembangkan diri dan menambah pengalaman semakin banyak. Apalagi jika kalian baru lulus kuliah dan punya talenta di bidangmu, kesempatanmu untuk meraih karir yang gemilang semakin besar jika kamu memulainya dari perusahaan startup loh.

Pengalaman Lamar Kerja di Tokopedia; Apa Saja Yang Akan Kamu Dapatkan?

Pastinya sudah lazim di ketahui bahwa perusahaan startup yang ternama ini bergerak dibidang e-commerce alias marketplace. Sebagai salah satu perusahaan startup terbesar di Indonesia, menjadi bagian ataupun hampir bergabung dengan perusahaan ini merupakan pengalaman tersendiri. Oleh karena itu, telah banyak pelamar kerja yang membagikan informasi seputar pengalaman melamar kerja di perusahaan ini.

Bagi kalian yang ingin lulus kuliah langsung kerja, beberapa tips sharing pengalaman melamar kerja di Tokopedia bisa memberikanmu gambaran tentang bagaimana jika kamu ingin bergabung dengan perusahaan startup untuk titik awal karir profesionalmu.

  1. Suasana Kerja

Pegawai Tokopedia memiliki julukan tersendiri yaitu nakama. Nakama sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya keluarga. Tak ayal jika suasana kerja di perusahaan ini tidak kaku seperti di kantor pada umumnya. Atmosfer kekeluargaannya kental dengan suasana kasual dan santai.

  1. Masa Orientasi

Pada waktu awal masuk setelah diterima di Tokopedia, kamu akan diwajibkan untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan orientasi alias pengenalan kantor untuk memahami sistem kerja disana. Jadi, pada awal masuk selama satu minggu, kamu tidak akan disuruh langsung kerja begitu saja. Istilah resmi Tokopedianya adalah Nakama Academy dimana kamu akan dikenal sebagai newkama alias nakama baru.

  1. Lamaran Praktis

Untuk para pelamar, kamu tidak perlu repot repot mendatangi kantor dan menanyakan ke pos satpam apakah Tokopedia membuka lowongan baru. Tokopedia membuat platform lamaran kerja sehingga kamu bisa melamar bahkan dari rumahmu sendiri.

  1. Fasilitas Lengkap

Jika kamu berhasil bergabung dengan Tokopedia, selamat! Kamu juga berhak menikmati fasilitas bonafide perusahaan ini. Kantor Tokopedia memiliki desain interior dominasi warna hijau dan natural dengan konsep open space sehingga akan me-refresh pikiranmu yang suntuk saat bekerja. Ada fasilitas berupa snack and beverage machine juga loh, sehingga kamu makin asyik saat bersantai menyegarkan pikiran. Jika kamu lapar, ada pantry yang menyediakan makanan kecil. Dikala bosan kamu bisa main ayunan atau football table.

  1. Kultur Kerja

Disebutkan sebelumnya bahwa budaya kerja di Tokopedia tidaklah sama seperti di kantor lain. Hal ini dikarenakan kultur kerja disini berbasis gotong-royong dan bukan semata-mata individualistis. Perlu diketahui bahwa Tokopedia menganut sistem ‘culture sincerity to teach like a teacher’ jadi buat kamu yang baru lulus kuliah langsung kerja sebagai newkama, tidak perlu takut karena para seniormu disini tidak pelit membagi ilmu yang mereka miliki supaya kamu juga bisa berkembang.

  1. Integritas Tinggi

Meski suasananya nyaman dengan kultur kerja yang tidak membuatmu merasa tertekan, sebagai pelopor perusahaan startup berbasis e-commerce di Indonesia, Tokopedia memiliki kebijakan yang tegas. Per Agustus 2018, Tokopedia resmi mengumumkan pemecatan beberapa nakama yang tidak mampu menjaga integritas mereka. Hal ini dikarenakan para karyawan tersebut diduga terlibat penipuan pada kampanya Flash Sale, sebagai imbasnya banyak konsumen yang gagal membeli barang murah pada masa tersebut. Jadi kamu bisa tahu bagaimana kejujuran dan etika kerjamu harus kamu utamakan disini.

Diatas merupakan enam poin penting berisi tips dan pengalaman bagi yang ingin melamar kerja di Tokopedia terutama bagi kamu yang ingin lulus kuliah langsung kerja. Jadi bisa dibayangkan kan apa saja yang akan kamu hadapi dan yang kamu akan lakukan saat kamu memutuskan melamar kerja di Tokopedia.