Pengalaman

Sharing Pengalaman Kali Pertama Melamar Kerja

Setiap orang pasti memiliki pengalaman pertama waktu melamar pekerjaan, setelah lulus sekolah atau kuliah pasti akan langsung mencari pekerjaan. Memang ada yang memilih untuk menganggur dulu untuk mengistirahatkan pikirannya setelah lelah digunakan belajar. Tetapi lebih baik langsung saja membuat surat lamaran kerja umum untuk dikirimkan ke perusahaan yang ingin dijadikan tempat kerja karena menunda akan membuat pikiran kita menjadi tidak produktif lagi. Pengalaman pertama saat mengirimkan lamaran jelas menjadi pengalaman berharga karena kita akan selalu merasa tidak tenang menunggu adanya kabar dari perusahaan yang dilamar. Memang menyakitkan dan mengecewakan jika ternyata lamaran kita tidak diterima, tetapi jangan langsung patah semangat harus terus berusaha sampai diterima.

Tips Merangkai Surat Lamaran Yang Bagus

Surat lamaran adalah gambaran umum dari pelamar, jadi perusahaan akan tahu info mengenai pelamar melalui surat lamaran kerja umum tersebut. Karena ini akan menunjukkan kepribadian pelamar maka harus dibuat sebagus mungkin tanpa ada cacat, akan lebih bagus lagi jika dibuat sempurna agar dapat menarik perhatian dari perusahaan. Melamar pekerjaan seperti halnya kita mau membeli makanan harus yang enak dan cocok dengan selera kita, jika perusahaannya saja nyaman maka bekerja juga jadi tidak giat.

Untuk pertama kali membuat lamaran pasti ada beberapa kesalahan yang dibuat dan kesalahan ini yang kadang menjadi alasan perusahaan tidak menerima kita untuk bekerja. Lamaran itu bisa menggambarkan sifat dan juga gambaran umum mengenai diri kita jadi harusnya dibuat dengan penuh perhitungan. Untuk dapat membuat surat ini dengan benar maka ikutilah tips berikut ini.

  • Memakai Bahasa Yang Baku

Tips pertama adalah surat lamaran itu perlu dibuat dengan bahasa yang baku atau bahasa formal, jangan sekali-kali menggunakan Bahasa gaul. Bahasa baku adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, setiap kata yang dirangkai menjadi kalimat harus berhubungan jangan membuat kalimat yang rancu. Dalam menerangkan mengenai informasi diri harus dengan bahasa yang lugas dan tidak terkesan kaku supaya perusahaan juga dalam membaca surat lamaran tidak bosan. Selain itu info yang dibagikan harus seringkas mungkin jadi tidak bertele-tele dan tidak menjadikan surat lamaran kerja umum menjadi cerita yang tidak bermanfaat.

  • Susunan surat yang rapi

Tips kedua adalah surat lamaran perlu disusun dengan rapi, susunan ini harus dibuat sesuai dengan format surat lamaran yang dibuat oleh perusahaan. Jadi biasanya ada perusahaan yang sudah membuat aturan akan tata cara membuat lamaran, jadi pelamar juga tidak membuat dengan sembarangan. Dengan aturan ini perusahaan dapat langsung menolak pelamar jika ternyata lamaran tidak sama dengan formatnya. Untuk susunan surat lamaran yang benar adalah kop lamaran, pembukaan, data pelamar, tujuan pembuatan surat dan yang terakhir penutup. Setiap susunan ini harus dibuat sesingkat mungkin dan semenarik mungkin sehingga nantinya waktu diwawancara tidak banyak pertanyaan yang diajukan lagi.

  • Surat Lamaran Tidak Terkesan Mengemis

Tips ketiga adalah dalam menyampaikan permintaan bekerja di perusahaan itu jangan sampai terlihat seperti mengemis. Memang kita mengharapkan untuk diterima tetapi jangan seperti pengemis yang sampai tidak menghiraukan harga diri kita. Jika ingin menuliskan keinginan kita untuk diterima maka cukup tuliskan saja seperti ini. Saya membuat lamaran ini ingin dapat bergabung dengan jajaran karyawan di perusahaan bapak atau ibu sebab kemampuan saya cocok dengan posisi yang ditawarkan perusahaan. Jadi meskipun kita mengharapkan surat ini dapat diterima dan lolos ke tahap wawancara tetapi tidak seperti sedang meminta-minta.

Penyebab Lamaran Ditolak Oleh Perusahaan

Banyak penyebab yang menjadikan lamaran ini langsung ditolak oleh pihak perusahaan, memang kecewa jika tidak ada kabar setelah kita mengirimkan surat. Penyebab yang paling umum lamaran menjadi ditolak adalah salah dalam menuliskan surat ini dikirimkan untuk siapa, jadi biasanya pada lowongan pekerjaan sudah ada pihak yang harus dituju. Contohnya adalah kepala HRD atau juga pimpinan perusahaan, jadi cukup ikuti saja perintah yang ada di lowongan pekerjaan. Dengan seperti itu surat lamaran kerja umum bisa dipertimbangkan perusahaan untuk menerima pelamar agar lolos ke tahap selanjutnya.